Pengakuan Dokter Terungkapnya Persembunyian Osama Bin Laden

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Amerika BBC yang akan disiarkan hari Minggu (29/1), Leon Panetta mengatakan seorang dokter Pakistan, Shikal Afridi, memberikan informasi intelejen bagi penangkapan Osama bin Laden.


Peran sang dokter antara lain adalah mengumpulkan data DNA untuk mencari kepastian tentang keberadaan pemimpin jaringan al Qaeda, Osama bin Laden.

Osama bin Laden tewas dalam operasi penyerbuan pasukan Amrika di rumah persembunyiannya pada 2 Mei 2011
Dr Shikal Afridi dituduh menjalankan program Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA) di Abbottabad yaitu menjalankan program vaksinasi untuk mengumpulkan DNA dan memastikan keberadaan Osama Bin Laden.

Menurut Panetta, penangkapan itu "benar-benar keliru". Dia juga menyatakan keprihatinan atas penangkapan dokter Shikal.
"Dia adalah individu yang sebenarnya memberikan informasi intelejen yang sangat berguna bagi operasi ini dan dia tidak berhianat kepada Pakistan," Kata panetta.

Sementara itu sebelumnya BBC Indonesia (3/5/2011) - melansir berita penyerbuan Osama Bin Laden di Abbottad Pakistan.

Penelusuran dan pencarian lokasi persembunyian Osama Bin Laden

BBC Indonesia (2/5/2011) - Koran New York Times Amerika Serikat menyebutkan posisi Osama diendus setelah agen-agen rahasia AS berhasil menemukan kurir kepercayaan Osama. Kurir itu menjadi penghubung Osama dengan dunia luar.

Jati diri sang kurir tidak diumumkan namun diyakini ia adalah murid Khalid Shaikh Mohammed, tokoh yang mengaku perancang utama serangan 11 September.

Nama alias kurir didapat dari hasil intorgasi terhadap tawanan di Guantanamo. Para pejabat intelejen AS mengatakan nama alias kurir itu terbongkar empat tahun lalu, namun keberadaanya misterius.

Aparat keamanan membutuhkan waktu dua tahun untuk menemukan kawasan operasi kurir itu. Baru pada Agustus tahun lalu diketahui ia berada di kota Abbottabad, skeitar 56 km di utara ibukota Pakistan Islamabad. Rumah tempat persembunyian Osama Bin Laden diperkirakan dibangun tahun 2005.

Penyergapan Osama Bin Laden di Lokasi Persembunyian

BBC Indonesia (3/5/2011) - Di puncak operasi itu, di akhir pertempuran selama 40 menit, salah satu anggota militer Amerika meneriakan kata-kata: "Geonimo EKIA"- yang berarti Osam Bin Laden. EKIA adalah sandi operasi dalam penyerbuan Osama Bin Laden yang berarti Enemy Killed in Action (musuh Tewas dalam Aksi).

Para militan yang berada dalam rumah itu diduga menembaki helikopter, tetapi helikopter-helikopter Amerika berhasil mendarat dan sebagian memantau dari atas dan para komando, satu tim khusus yang terdiri dari 15 sampai 25 anggota Navy Seals, turun dari helikopter.

Pada Operasi pembunuhan Osama Bin Laden di kompleks yang diperkirakan seharga 1 juta dolar USA memiliki dua gerbang keamanan tetapi tidak tampak ada kabel telepon atau nternet yang terhubung ini satu helikopter jatuh karena kegagalan teknis atau ditembak, akan tetapi tidak ada anggota militer Amerika yang cedera.

Aksi penyerbuan di kota Abbottabad Pakistan dimulai pukul 12 tengah malam hingga pukul 01.30 waktu setempat atau (01.00 dan 02.30 WIB), kata puluhan warga setempat mengatakan pada wartawan BBC.

Brennad mengatakan kepada wartawan bahwa tim komando AS "bisa dan siap" menangkap Bin Laden hidup-hidup "kalau dia tidak menjadi ancaman".

"Kekhawatirannya adalah bahwa Bin Laden akan melawan operasi penangkapan. Dan benar, dia melawan. Terjadilah baku tembak. Karena itu dia tewas dalam baku tembak itu dan kemudia jasadnya di bawa." kata Brennan

Para penjabat AS mengatakan selain Bin Laden tiga laki-laki dewasa, yang diyakini sebagai kurir terpecaya Bin Laden serta saudara laki-lakinya dan salah seorang puteranya tewas.

Kepastian Osama Bin Laden setelah dilakukan tes DNA dengan para keluarganya.
"Sample DNA yang diambil dari jasad Bin Laden itu hampir 100 % cocok dengan sampel DNA para anggota keluarga Bin Laden.

Anak perempuan Bin Laden mengatakan dia menyaksikan ayahnya ditembak.

Di tempat tewasnya Osama Bin Laden Tim membawa berbagai dokumen, hard drive komputer dan DVD yang diharapkan bisa memberi informasi penting untuk data intelejen.

Jenasah Bin Laden diterbangkan ke Afganistan sebelum di kuburkann di Laut. Para penjabat mengatakan itu dilakukan agar makamnya tidak dijadikan tempat suci oleh para pengikutnya.

Sumber: BBC Indonesia

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.