Lakey Peak Hu'u Dompu Bima, Surga Dunia Peselancar (Surf) Dunia

Lakey beach atau lebih dikenal dengan lakey peak yang terletak di Kecamatan Hu,u Kabupaten Dompu merupakan tujuan utama pelancong manca negara surfer (peselancar) dunia. Untuk mencapai Lakey beach, bagi plancong yang berasal dari luar pulau sumbawa, Nusa Tenggra Barat dapat ditempuh melalui Mataram, NTB atau Denpasar Bali, Pelabuhan Laut Labuan Bajo dan Pelabuhan Laut Sumba Flores.

Lakey Peak, HU'U
Ombak Lakey Peak di Lakey beach (pantai Hu'u) Dompu Bima

Bagi pelancong yang berangkat dari Mataram atau Bali dapat melalui jalan darat atau pesawat (air plane) baik dari bandara Mataram maupun bandara Denpasar. Sedangkan pelancong yang berangkat dari wilayah timur Indonesia dapat mengambil rute dari Pelabuhan Sumba atau Labuan Bajo dengan melalui pelabuhan Sape. Pelancong yang menggunakan jasa penerbangan dari Mataram atau Denpasar akan turun di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Di bandara yang terletak di Kecamatan Palibelo ini sudah tersedia kendaraan khusus melayani pelancong tujuan ke Lakey Hu,u (Airpot taxi) dengan tarif 600.000/one way (sekali jalan). Waktu tempuh menuju lakey peak dari airport Muhammad Salahuddin Bima sekitar 2 jam. Sementara penumpang yang turun di Bandara Paibelo Bima tujuan pelabuhan laut Sape dengan ongkos rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupaih) sekali jalan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Dalam perjalanan baik menuju ke Lakey beach maupun pelabuhan Sape tempat terjadinya insiden demonstrasi berdarah 24 Desember 2011 penumpang akan melalui jalan zig zag (berliku-liku) dengan menikmati alam pegunungan. Sepanjang jalan perjalanan yang dilalui ini di samping berliku-liku juga ada beberapa jalan tanjakan dan turunan yang memungkinkan dapat melihat perkampungan penduduk baik yang sudah dilewati maupun akan dilewati serta binatang liar seperti monyet liar. Dan di beberapa titik dareah pegunungan juga ada penjual hasil pertanian penduduk setempat dengan harga yang sangat terjangkau (murah) seperti jagung bakar, jagung rebus, dan lain-lain.
Peselancar dengan pengunjung lokal

Untuk melayani para pelancong pengusaha lokal dan luar daerah yang telah melakukan investasi bertahun-tahun sudah menyediakan berbagai fasilitas antara lain restorant, tempat hiburan dan penginapan. Primadona cottage misalnya, tempat ini dulunya sebagai penginapan kini sudah dioperasikan sebagai tempat karaoke terbesar di NTB - harga ticket masuk rp. 10.000;

Untuk pengunjung yang tak tahan lapar tidak usah khawatir karena sudah tersedia tempat makan baik untuk pengunjung lokal maupun mancanegara yaitu Any Lestari Restoran, Aman Gati Restoran Fatmas Restoran, Asmah

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin bermalam dan atau hanya untuk istirahat siang setelah lelah melihat indahnya panorama lakey dan keunikan budaya masyarakat lokal di pantai dapat menyewa kamar. Di sepanjang pantai lakey sudah tersedia cottage dan hotel yang dapat disewa yaitu Monalisa Cottage, Aman Gati Hotel, Alamanda Cottage, Any Lestari Cottage, Balumba Cottage, Puma Bungalows, Lakey beach inn dan Home stay (30.000/malam) Harga Hotel dan cottage bervariasi mulai Rp. 60.000 (enam puluh ribu rupiah) hingga Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah) permalam (24 jam) untuk doubel bed termasuk breakfast (sarapan pagi).
Any Lestari Hotel (Foto: Ahyar)
Setiap tahunnya Lakey beach dikunjungi pelancong sekitar 1.000 pelancong mancanegara yang datang dari berbagai dunia seperti Asia, Eropa Amerika Serikat, benua Amerika Selatan dan bahkan benua Afrika. Para pelancong umum mulai berdatangan mulai awal bulan maret hingga bulan september. Turis memilih berkunjung ke Lakey beach di samping ombaknya besar juga terdapat empat spot berselancar (surfing) yaitu lakey peak, cable stone, periscope lakey pipe, dan nunggas.

Para peselancar yang datang ke lakey umumnya adalah peselancar menggunakan papan selancar, body board, kite surfing. Spot Lakey peak merupakan tempat primadona bagi peselancar yang memiliki keahlian dan keterampilan menggunakan papan selancar panjang karena ombaknya sangat besar. Untuk menyemarakan suasana lakey beach pihak pengelola berkerjasama dengan Dinas Pariwisata pemerintah Kabupaten Dompu setiap tahunnya menyelengggarakan event berselancar tingkat internasional di Lakey Peak.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.