Cara Menghindari Dead Link Blog

Dalam kamus bahasa Inggris - Indonesia Link berarti mata rantai, hubungan. Dan Link dalam media online website, blog, jejaring sosial (facebook, twitter, linkedin, dan lain-lain) adalah teks ulr yang dihasilkan oleh mesin peramban (search bar) baik nama media maupun judul halaman posting yang akan berfungsi sebagai jembatan untuk menampilkan alamat situs dan halaman media online tersebut.

Dead link atau broken link adalah teks link yang apabila diklick tidak dapat menampilkan alamat atau halaman posting website/blog dengan semestinya atau hanya menampilkan halaman dengan pesan" Laman Tidak Ditemukan".

Oleh karena demikian sebagai pengelola media online perlu memperhatikan dengan sebaik-baiknya masalah link karena apabila pengunjung media kita menemukan Laman tidak ditemukan akan dapat mengurangi tingkat kepercayaan terhadap media tersebut.

Faktor-faktor yang dapat menimbulkan dead link atau broken link pada media online antara lain:
  1. Alamat website yang diumpan beberapa waktu sebelumnya oleh kita sudah dihapus oleh blogger karena berbagai pertimbangan
  2. Judul posting yang diumpankan beberapa waktu sebelumnya sudah dihapus oleh pemilik media online
  3. Salah menulis teks link sehingga tidak berfungsi dengan semestinya
  4. Link url yang dibuat/ditulis tidak sama seperti yang dihasilkan mesin peramban (search bar)
Cara menghindari dead link atau broken link (laman tidak ditemukan) dalam blog dapat dilakukan antara lain:
  1. Buat teks link dengan benar dan tepat sesuai dengan metode penulisannya
  2. Coba terlebih dahulu teks link yang dibuat untuk memastikan sudah berfungsi dengan semestinya;
  3. Kurangi membuat link dalam halaman posting yang dijadikan sebagai umpan pada alamat situs atau halaman posting yang satu dengan lainnya;
  4. Apabila ingin untuk membuat url sebagai umpan pada alamat situs lainnya cukup dengan menuliskan url nya saja atau dengan kata lain jangan menulis url seperti teks link pada gadget HTML/JavaScript. contoh penulisan dimaksud: http://newsternet.blogspot.com/ atau apabila ingin menulis alamat situs dan halaman posting yang dituju http://newsternet.blogspot.com/2012/01/cara-menghindari-dead-link-blog.html
  5. Jangan membiasakan menghapus halaman posting blog karena siapa tau halaman yang dihapus tersebut sudah dihubungkan dengan halaman lain sebelumnya.
  6. Apabila ingin menghapus posting pastikan terlebih dahulu hubungan dengan halaman lainnya.
  7. Apabila memberi komentar pada blog yang dikunjungi usahakan jangan meninggalkan url halaman posting blog anda karena siapa tau suatu saat anda berubah pikiran menghapus atau disimpan sebagai draft url halaman posting tesebut yang dapat berakibat muncul pesan "Laman tidak ditemukan" pada blog anda.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.