Sejarah Pemerintahan Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, NTB

Kecamatan Palibelo adalah kecamatan pemekaran dari kecamatan Belo yang beribukota Cenggu dan ditetapkan sebagai Kecamatan definitif pada era pemerintahan Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain,ST dengan Wakil Bupati Drs. Usman AK pada tanggal 23 September 2006.

Kecamatan Palibelo yang beribukota Teke terletak di sebelah selatan ibukota Kabupaten Bima yang terdiri dari 18 kecamatan.

Camat Palibelo, Drs. Muhdar
Camat Palibelo, Drs. Muhdar, M.AP (Foto: Ahyar)
Kecamatan Palibelo memiliki luas wilayah 154.30 KM2 meliputi 9 (sembilan) desa yaitu Desa Panda, Desa Belo, Desa Tonggondoa, Desa Tonggorisa, Desa Teke, Desa Ntonggu, Desa Nata, Desa Dore dan Desa Roi. Dua dari sembilan desa wilayah kecamatan palibelo, masuk katagori desa pesisir yaitu Desa Panda dan Desa Belo yang walaupun mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bertani sawah dan ladang. Sedangkan 7 desa lainnya adalah daerah pertanian sawah dan ladang murni.
Jumlah penduduk kecamatan Palibelo berdasarkan data kecamatan palibelo tahun 2009 sebanyak 23.690 jiwa terdiri dari laki-laki 11.742 dan perempuan 11.948.

Berdasarkan Letak geogafis, Kecamatan Palibelo berbatasan dengan:
Sebelah Utara : Kecamatan Belo dan Kecamatan Langgudu
Sebelah Selatan : Kecamatan Rasa Na'E Kota Bima
Sebelah Barat : Kecamatan Bolo dan Kecamatan Soromandi
Sebelah Timur : Kecamatan Wawo dan Kecamatan Lambitu.

Sejak terbentuknya tanggal 23 September tahun 2006 hingga Desember 2011 wilayah Kecamatan Palibelo sudah dijabat oleh 3 (tiga) camat. Dua (2) dari camat Palibelo dikukuhkan sebagai kepala wilayah kecamatan Palibelo pada masa pemerintahan pasangan Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST dengan Wakil Bupati Drs. H. Usman AK periode 2005 - 2010 yaitu Drs. Muhdar dan Drs. Syafruddin. Sedangkan Drs. Zainuddin dilantik sebagai Kepala Wilayah Kecamatan Palibelo oleh Bupati Bima pada masa kepemimpinan pasangan H. Ferry Zulkarnain, ST dengan Drs. H. Syafruddin, M.Pd periode 2010 - 2015

Nama-nama Camat dengan masa tugasnya di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu:
1. Drs. Muhdar, M.AP  (Tahun 2006 -2009)
2. Drs. Syafruddin H. Ahmad (Tahun 2009 - 2011)
3. Drs. Zainuddin (Tahun 2011- masih menjabat)

Camat Palibelo, Drs. Syafruddin
Camat Palibelo, Drs. Syafruddin (Foto: Ahyar)

Camat Palibelo Drs. Zainuddin
Camat Palibelo, Drs. Zainuddin (Foto: Ahyar)

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.