Cara Membuat Facebook Like Button Dalam Blog

Jejaring sosial Facebook yang didirikan sejak tahun 2004 saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dunia maya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ketenaran jajaring sosial Facebook tidak hanya di kota-kota besar akan tetapi sudah merambat dan menjamur hingga pelosok pedesaan. Kemudahan untuk mengakses jejaring sosial yang ditemukan anak muda bernama Mark Zuckerberg yang berdarah yahudi ini tidak mengenal waktu dan tempat alias serba bisa.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Wikipedia saking tinggi popularitas penemuan anak dari dokter gigi ini, kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai $17,55 miliar. Nilai ini hanya dalam kurun 2004 hingga tahun 2011. Woooow luar biasa sekali. Terkait dengan Facebook pada posting ini Ahyar akan membagi tips khusus untuk para bloger yang ingin membagi pengalaman posting blog melalui jejaring sosial ini.
Cara membuat Facebook Like button dalam blog dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
Tahap pertama,
1. Sign in di blog
2. Klick Rancangan
3. Klick Edit HTML
4. Cari kode <body>. Untuk menemukan secara otomatis pakai Ctrl F dan masukan kode <body> dalam teks box yang muncul.
5. Tempatkan kode script Facebook Like button pas di bawah atau sesudah kode
  <body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'>
Ini kodenya
<div id="fb-root"></div>
<script>(function(d, s, id) {
  var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
  if (d.getElementById(id)) {return;}
  js = d.createElement(s); js.id = id;
  js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1";
  fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
6. Klick Simpan Template untuk menyimpan perubahan

Setelah melakukan enam langkah yang dijelaskan di atas button belum bisa terlihat karena harus melakukan step Tahap ke dua, berikut ini, yaitu:
1. Klick Rancangan lagi
2. Klick Add gadget/tambah gadget
3. Pilih HTML/Javasript
4. Paste kode ini di bawah ini pada gadget HTML/Javascript
<div class="fb-like" data-href="http://ronamasae.blogspot.com/" data-send="false" data-layout="button_count" data-width="450" data-show-faces="true"></div>
Atau dengan mengcopy kode metode yang ke dua di bawah ini. Namun apabila menempuh metode ke dua tidak perlu melakukan langkah 1 sampai 5 pada tahap pertama (tidak perlu menempatkan kode dalam template blog). Kode metode ke dua cukup dipastekan pada gadget HTML/Javascript.
Ini hasil kode yang di atas dan di bawah ini
Ini kodenya.
<iframe src="//www.facebook.com/plugins/like.php?href=http%3A%2F%2Fronamasae.blogspot.com%2F&amp;send=false&amp;layout=button_count&amp;width=450&amp;show_faces=true&amp;action=like&amp;colorscheme=light&amp;font&amp;height=21" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:21px;" allowTransparency="true"></iframe>
Ini hasil dari kode yang di bawah ini:
<iframe src="//www.facebook.com/plugins/like.php?href=http%3A%2F%2Fronamasae.blogspot.com%2F&amp;send=false&amp;layout=standard&amp;width=450&amp;show_faces=true&amp;action=like&amp;colorscheme=light&amp;font&amp;height=80" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:80px;" allowTransparency="true"></iframe>
Ini tampilan kode di bawah ini

<iframe src="//www.facebook.com/plugins/like.php?href=http%3A%2F%2Fronamasae.blogspot.com%2F&amp;send=false&amp;layout=button_count&amp;width=450&amp;show_faces=false&amp;action=recommend&amp;colorscheme=light&amp;font&amp;height=21" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:21px;" allowTransparency="true"></iframe>
5. Ganti ronamasae.blogspot.com dengan url blog anda.
6. Klick Simpan untuk menyimpan perubahan
7. Klick lihat untuk melihat hasilnya.

Facebook like button yang tersedia ini mempunyai fungsi yang sama. Silahkan memilih yang terbaik menurut anda.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.