10 Kampus Bergengsi Amerika Serikat

William College tidak lagi menjadi kampus terbaik di Amerika Serikat. Kini posisi tersebut diduduki oleh Stanford University. Demikian daftar kampus terbaik di Amerika Serikat untuk meraih gelar sarjana versi Forbes. Daftar ini mengurutkan 650 lembaga pendidikan setingkat sarjana, seperti dikutip dari Forbes, Kamis (25/7/2013).

Dalam menyusun peringkatnya, Forbes berfokus pada hal-hal yang penting untuk siswa, yaitu kepuasan mahasiswa, lulusan yang sukses, tingkat wisuda (kelulusan), tingkat utang mahasiswa, dan penghargaan kompetitif nasional. Tidak seperti daftar peringkat lainnya, Forbes mengabaikan “reputasi” kampus.

Pemeringkatan ini diolah oleh Pusat untuk Keterjangkauan dan Produktivitas perguruan tinggi di Washington DC. Terdapat lima kategori umum untuk pemeringkatan ini, yaitu keberhasilan lulusannya, di mana dilakukan evaluasi atas gaji yang diterima dan keunggulan alumni sebesar 37,5 persen. Kemudian, kepuasan mahasiswa yang meliputi penilaian dari profesor dan tingkat kebetahan mahasiswa baru dan tingkat dua, dengan komposisi penilaian sebesar 22,5 persen.

Selain itu, Forbes juga mempertimbangkan utang di mana penilaiannya berupa hukuman yang diberikan kampus kepada mahasiswa yang memiliki utang tinggi (17,5 persen), jumlah mahasiswa yang lulus dalam empat tahun (11,25 persen), dan penghargaan yang kompetitif, yaitu penilaian kepada kampus yang meraih beasiswa bergengsi seperti Rhodes (11,25 persen). Demikian seperti dikutip dari Forbes, Kamis (25/7/2013).

Di peringkat pertama, Forbes menempatkan Standford University. Kampus yang berada di negara bagian California ini dinobatkan sebagai kampus terbaik untuk meraih gelar sarjana di Amerika. Kampus Teknologi ini memungut biaya kuliah hingga USD58.846 per tahun.

Dengan biaya kuliah yang tidak murah, angka kelulusan untuk masa kuliah empat tahun di kampus ini termasuk yang tertinggi di negeri Paman Sam. Selain itu, kampus ini memenangkan banyak beasiswa nasional bergengsi, seperti Rhodes. Tidak hanya itu, lulusannya kerap ‘diganjar’ dengan gaji tinggi.

Di tempat kedua, ditempati Pomona College. Kemudian diperingkat ketiga, Forbes menempatkan Princeton University. Yang istimewa, siswa di kampus yang terletak di negara bagian New Jersey ini tidak ada yang berutang. Ini berkat program paling dermawan dari bantuan keuangan yang ada di Amerika.

Berikut daftar 10 kampus peringkat teratas di Amerika Serikat versi Forbes:

1. Standford University
Biaya kuliahnya sebesar USD 58.846 per tahun dengan jumlah mahasiswa 19.945 orang.

2. Pomona College
Biaya kuliahnya sebesar USD 57.014 per tahun dengan jumlah mahasiswa 1.586 orang.

3. Princeton University
Biaya kuliahnya sebesar USD54.780 per tahun dengan jumlah mahasiswa 7,813 orang.

4. Yale University
Kampus yang berada di negara bagian Connecticut, biaya kuliahnya sebesar USD59.320 per tahun dengan jumlah mahasiswa 11,875 orang.

5. Columbia University
Kampus yang berada di kota New York, biaya kuliahnya sebesar USD61.540 per tahun dengan jumlah mahasiswa 26.050 orang.

6. Swarthmore College
Kampus yang berada di negara bagian Pennsylvania, biaya kuliahnya sebesar USD58.481 per tahun dengan jumlah mahasiswa 1.545 orang.

7. United States Military Academy
Kampus yang berada di kota New York ini gratis dengan jumlah mahasiswa 4.624 orang.

8. Harvard University
Biaya kuliah kampus yang terletak di Massachusetts ini sebesar USD57.050 per tahun dengan jumlah mahasiswa 27.392 orang.

9. Williams College
Kampus kecil yang berada di negara bagian Massachusetts ini terkenal dengan seni liberal dengan memungut biaya kuliah hingga USD59.412 per tahun dengan jumlah mahasiswa 2.126 orang.

10. Massachusetts Institute of Technology
Biaya kuliahnya sebesar USD57.010 per tahun dengan jumlah mahasiswa 10.894 orang.
(rhs). okezone.com, 25/7/2013

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.