STISIP Mbojo Bima - Kampus Orange di Dana Mbojo Kabupaten Bima

Logo STISIP Mbojo Bima
STISIP Mbojo-Bima yang berlokasi di Bima, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di daerah Dana Mbojo yang dipioner oleh Sultan Abdul Kahir I. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) yang beralamat di Jalan Piere Tendean Mande II Kelurahan Mande Kota Bima di bawah Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo, Drs. H. Muhtar Yasin, M.Si, didirikan pada masa pemerintahan Bupati Bima H. Oemarharoen, B.Sc.

Wisuda STISIP Mbojo Bima
 Ketua Yayasan STISIP MBojo-Bima, Drs. H. Muhtar, M.Si sedang menyerahkan  Ijazah kepada salah seorang wiusudawati angkatan XXII bertempat di Aula STISIP Mbojo Bima, (Foto: 248 Blog)

STISIP Mbojo Bima berada dalam naungan Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM). Sebelum berdirinya STISIP Mbojo-Bima diawali dibentuk Universitas Mbojo yang pada waktu itu mengangkat H. Oemarhareon sebagai rektor oleh Yayasan Pembina Universitas Mbojo dengan Surat Keputusan Nomor : 005/1981, Tanggal 15 Juli 1981. Sementara yang dipercayakan sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) yaitu Drs. H. Jamaluddin Adam yang diangkat melalui Surat Keputusan Yayasan Nomor 14/KPTS/YPPM/1986 tertanggal 21 Februari 1986.

Akibat adanya perubahan status pada tahun 1985 Yayasan Pembina Universitas Mbojo dirubah menjadi Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM) dengan mengangkat H. Ibrahim Ahmad sebagai Ketua. Pengangkatan ini dilakukan dengan akta notaris Nomor 60 Tanggal 3 Juli 1985.

Memasuki Tahun Akademik 2010 - 2011 STISIP  Mbojo Bima membuka sebuah jurusan baru yaitu jurusan ilmu Komunikasi. Sebelumnya Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang ditetapkan berdirinya pada tanggal 5 Spetember 1985 hanya melaksanakan satu jurusan saja yaitu Jurusan Ilmu Administrasi progran studi Ilmu Administrasi Negara.

STISIP Mbojo Bima yang juga akrab dan dikenal dengan sebutan kampus Orange ini mulai mendapatkan ijin Operasional sejak tanggal 17 Februari 1986. Koordinator Kopertis Wilayah VIII mengeluarkan ijin penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi untuk kampus almamater warna orange saat ini melalui Surat Keputusan Nomor 1327/Kop/VIII/B.02/1986.

Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo (YPPM) yang diketuai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bima, periode 2009- 2014, Drs. H. Muhtar Yasin, M.Si dari Partai Bulan Bintang hingga tahun Akadenik 2011 - 2012 sudah mewisuda sebanyak 24 angkatan. Perguruan Tinggi yang pernah menyelenggarakan kerjasama program S 2 dengan Universitas Brawijaya Malang saat ini diketuai perempuan berdarah Sulawesi Selatan, Dra. Nurmi, M.Si.

Kampus STISIP Mbojo Bima
Ruangan Orange (Foto: 248 Blog/Ahyar)

Hingga wisuda angkatan ke XXII tahun 2010, STISIP Mbojo Bima sudah merampungkan bangunan gedung bertingkat baru untuk kelancaran aktifitas perkuliahan. Bangunan bertingkat terdiri dari enam ruangan kuliah yang salah satunya ruangan laboraturium komputer ini sudah mewisuda sebanyak 1997 orang

Dosen STISIP Mbojo Bima
Dosen dan mahasiswa STISIP Mbojo Bima di aula Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Mbojo Bima, tahun 2009 (Foto: 248 Blog/Ahyar)

KKN STISIP Mbojo Bima KKN STISIP Mbojo Bima
Acara pertemuan dan perkenalan dengan pemerintah desa membicarakan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan di kantor Balai Desa Belo. Anggota KKN STISIP Mbojo Bima bergotong bersama masyarakat membersihkan got di Dusun Belo Kecamatan Palibelo Kab. Bima Kec. Palibleo Kab, Bima, tahun 2009. (Foto: 248 Blog/Ahyar)

Dosen STISIP Mbojo Bima
Anggota kelompok KKN angkatan XX berpartisipasi acara persiapan pembukaan MQ di Bre, tahun 2010 (kanan) - Kiri- Dosen pembimbing KKN STISIP Mbojo Bima saat berkunjung di Posko KKN kel. XV. (Foto: 248 Blog/Ahyar)

STISIP Mbojo Bima STISIP Mbojo Bima
Anggota kelompok KKN STISIP Angkatan XII Kel. XV mengisi data desa di kantor balai Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabapaten Bima - kanan, ikut serta dalam rangka acara HUT RI di lapangan sepakbola Teke Kecamatan Palibelo tahun 2009 (Foto: 248 Blog/Ahyar)

Referensi: Memory wisuda STISIP Mbojo Bima Desember 2010.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.