Cara Menghitung Nilai KHS Mahasiswa Secara Otomatis

Kecepatan pengolahan data dalam suatu organisasi/lembaga dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Artikel kali ini akan mengupas salah satu keahlian dalam mengolah data yang praktis yaitu cara menghitung nilai mata kuliah mahasiswa yang diperoleh dalam satu semester.

Seperti diketahui nilai yang diperoleh mahasiswa merupakan kombinasi angka dan huruf. Oleh karena demikian dalam pengelolaanya diperlukan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan sebagai penunjang solusinya.

Pada artikel ini akan diperkenalkan tips sederhana untuk menghitung nilai KHS mahasiswa menggunakan microsoft office excel dengan memanfaatkan Formula/Rumus IF.

Langkah-langkah membuat formula untuk menghitung Nilai KHS mahasiswa dengan Excel menggunakan Formula IF dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Buka File Excel dan rancang tabel seperti pada gambar di bawah ini sebagai ilustrasi.

Keterangan:
  • Kolom HM = Kolom untuk memasukan Huruf Mutu atau Nilai Mata Kuliah yang diperoleh Mahasiswa dalam Satu semester.
  • Kolom AM (Angka Mutu). Kolom yang akan diisi Formula IF.
  • Kolom SKS x N diisi dengan Formula IF untuk menampilkan hasil secara otomatis.
2. Setelah merancang Form seperti di atas, sekarang kita coba praktekan menggunakan Formula IF dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pada kolom K baris 3 tulis Rumus:
=IF(I3="a";4;(IF(I3="b";3;(IF(I3="c";2;(IF(I3="d";1;0)))))))

2. Pada kolom L baris 3 tulis rumus: =H3*K3

Untuk Baris selanjutnya lakukan seperti langkah 1, 2, dan 3. Sedangkan untuk mendapatkan hasil pada baris Jumlah dapat menggunakan rumus SUM.

Contoh pembuatan menjumlahkan pada kolom AM : =SUM(K3:K9)

Bila ingin lebih mendalami materi terkait dapat ditempuh dengan menggunakan F1 (help) setelah mengaktifkan atau membuka salah satu dari file Microsoft Office Excel. Pada tutorial F1 Excel tersebut anda cuman hanya dituntut memiliki modal mengerti bahasa Inggris sedikit saja namun banyak sekali ilmu yang bisa diperlajari dan didapatkan. (248 Blog).

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.