Spanyol Akhirnya Membuktikan Diri Lagi Sebagai Negara Sepakbola Terbaik di Eropa dan Dunia

Tim nasional sepakbola Spanyol
Tim nasional sepakbola Spanyol, merayakan kemenangan piala Eropa tahun 2012
di Polandia dan Ukraina (Foto: Getty Images/Uefa.com)

Pertandingan final sepakbola piala Eropa ke 14 kali yang berlangsung di Stadion Olympic Stadium, Kyiv Ukraina Spanyol kembali membuktikan diri sebagai negara terbaik sepakbola di jagad raya.

Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir Spanyol berhasil menjuarai kejuaraan sepakbola paling bergengsi di dunia tiga berturut-turut di dua turnamen berbeda.

Empat gol yang disarangkan ke gawang Italia partai final piala Eropa tanggal 1 Juli 2012 tim Spanyol semakin membuktikan diri bahwa mereka merupakan negara sepakbola terbaik di jagad raya hingga saat ini.

Spanyol yang melenggang ke babak final setelah menundukan tim Inggris lewat adul penalti ini, pada partai fnal menghempaskan harapan tim Azzruri Italia. Hingga wasit, Pedro Proenca yang berasal Portugal ini meniup peluit panjang pertanda pertandingan berakhir skor 4-0 untuk kemenangan pasukan Iker Casillas.

Dengan hasil ini Spanyol kembali membawa pulang piala Eropa ke dua kali berturut-turut sejak tahun 2008.

Sebelum meraih piala eropa musim ini Spanyol telah menjuarai piala eropa (Euro cup) tahun 2008 dan piala dunia (FIFA World Cup) tahun 2010.

Partai final piala Eropa di Polandia dan Ukraina Spanyol memimpin berkat sundulan pemain top skor pada piala Eropa tahun 2008 yang mengoleksi 4 gol. David Villa melesatkan bola ke dalam jaring gawang hasil umpan silang Cesc Fabregas dari sisi kiri gawang Buffon saat pertandingan baru berjalan 14 menit.

Sementara tiga gol kemenangan Spanyol masing-masing diciptakan Jordi Alba (41), Fernando Torres 84,dan Juan Mata 88. Fernando Torres dan Juan Matta pada laga ini merupakan pemain pengganti. Kedua pemain pengganti yang bermain Chelsea, Inggris ini dimasukan oleh pelatih Spanyol, Vicente del Bosque di babak ke dua setelah menit ke 76.

Turnamen sepakbola piala Eropa yang terbagi dalam 4 grup terdiri dari 16 negara kali ini tercatat sebanyak 76 gol yang ditorehkan pemain ke dalam jaring gawang. Jumlah gol yang diciptakan 54 pemain ini tidak termasuk gol adu penalti.

Pada piala Eropa tahun 2008 di Austria dan Swiss, negara matador Spanyol mengukuhkan diri sebagai negara terkuat di benua Eropa. Ketika itu di partai final Spanyol menundukan Jerman dengan skor 1 - 0.

Dua tahun kemudian Spanyol kembali menunjukan sebagai negara terkuat di dunia sepakbola. Pada penyelenggaraan piala Dunia di Afrika Selatan tahun 2010 di partai final Spanyol menghempaskan harapan Belanda dengan skor 1 - 0

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.