Cara Mudah Belajar Mengenal dan Menguasai Tools-Tools Blogger

Bagi blogger pemula yang ingin mengatur tampil blognya dengan pernak-pernik gadget blog sebaiknya perlu mengenal tools-tools blogger. Ketika sudah memiliki pengetahuan fitur-fitur ini, blogger akan merasakan sendiri besar manfaatnya khususnya ketika akan menata lebih lanjut tampilan blog yang dikelola.

Metode belajar mengenal tools-tools blogger yang diperkenalkan ini berdasarkan cara belajar saya sendiri untuk mengelola dan menata tampilan blog yang sedang pengunjung akses saat ini.

Istilah-istilah tools-tools atau fitur-fitur blogger yang umumnya banyak dipakai pengelola media online blog antara lain, menu horizontal, dropdown menu, gadget side bar (entry popular, gadget feed, HTML/JavaScript, dan lain-lain). Tutorial ini saya buat berangkat dari seorang blogger yang meminta masukan berkaitan dengan tampilan blognya melalui form komentar blog.

Cara lebih praktis belajar untuk mengenal tools-tools blogger dapat ditempuh seperti dijelaskan di bawah ini. Untuk mencapai lokasi belajar mengenal tools tersebut dapat ditempuh dengan dua cara yaitu:
Jika masih menggunakan tampilan lama dasbor blogger langkahnya sebagai berikut:
  1. Sign in pada akun blog
  2. Klick Rancangan
  3. Klick Perancang Template yang berada pada bagian kiri atas halaman Dasbor. Setelah melakukan langkah ini akan muncul seperti gambar hitam di bagian bawah halaman posting ini.
Sedangkan apabila menggunakan tampilan halaman dasbor blogger baru caranya yaitu:
  1. Pada halaman Dasbor klick kiri button di samping kiri Lihat Blog untuk melihat beberapa pilihan tools-tools blogger
  2. Klick kiri Template
  3. Klick Ubahsesuaikan.Setelah melakukan langkah ke 3 ini anda akan langsung diantar pada halaman pengaturan
  4. Edit Blog Post
    Setelah menempuh salah satu cara yang dijelaskan di atas, blogger akan diantarkan menuju halaman pengaturan perancang template blog. Tunggu beberapa saat untuk melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
Gambar: Halaman pengaturan blogger pada halaman perancang template blogger

Sedangkan cara mengenal istilah tools-tools yang berlaku dalam blogger sebagai berikut:
  • Klick kiri teks Advanced/Tindak lanjut
  • Klick teks yang berada di samping kiri halaman teks Advanced/Tindak lanjut. Ketika meng-klick salah satu teks yang berada dalam kolom pengaturan tindak lanjut ini akan muncul garis merah yang menunjukan letak tools blogger tersebut.
Jika blogger memperhatikan secara cermat setiap petunjuk garis-garis pada saat meng-klick teks yang dijelaskan di atas maka blogger akan mendapatkan banyak pengetahuan.

Pada halaman perancang template blogger ini banyak sekali pengaturan yang dapat dilakukan antara lain merubah teks judul posting, warna teks link yang dikunjungi blog, warna latar halaman blog, warna footer besar halaman posting, ukuran side bar blog dan lain-lainnya.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.