Barack Obama, Presiden Amerika Serikat Perintahkan Serangan Cyber Terhadap Iran

Barack Obama, Persiden USA
Presiden Amerika Serikat, Barak Obama (Foto: Reuters.com)

Presiden Amerika serikat Barack Obama diberitakan memerintahkan serangan cyber dengan virus komputer Stuxnet pada negara Iran

".....Presiden Obama diam-diam memerintahkan serangan yang semakin canggih terhadap sistem komputer yang menjalankan fasilitas utama pengayaan nuklir Iran...," tulis The York Time, Jum'at (1/6) demikian diberitakan Republika.co.id, Sabtu (2/6/2012).

Harian AS juga menegaskan bahwa virus Stuxnet diciptakan dengan bantuan unit Intelijen rahasia Israel

Stuxnet, pertama diidentifikasi pemerintah Teheran pada bulan Juni 2010. Virus ini merupakan malware yang dirancang untuk menginfeksi komputer menggunakan sistem kontrol yang digunakan industri pengelola pasokan air, minyak dan pembangkit listrik.

Virus ini ditargetkan menyerang industri komputer di seluruh dunia dan Iran menjadi sasaran utama serangan. Pembangkit listrik tenaga nuklir Busher menjadi pusat serangan cyber. Namun para ahli iran berhasil mencegah kerusakan pada situs industrinya demikian lansir Republika.co.id selanjutnya

Sebelumnya Kompas.com, Senin (17/1/2011) melansir, sumber-sumber intelijen membenarkan virus komputer Stuxnet, yang pernah beredar pada tahun 2010, adalah virus yang dirancang khusus oleh Israel dan AS untuk menyerang fasilitas pengayaan uranium Iran guna menghambat kemajuan program nuklir negara itu.

Menurut Ralph Langner, pakar keamanan komputer independen dari Hamburg, Jerman, menemukan virus itu baru aktif setelah mendeteksi konfigurasi spesifik sistem pengendali, yang hanya ada di sebuah fasilitas centrifuge pengaya uranium

Menurut Langner, Stuxnet terdiri atas dua bagian dengan fungsi yang berbeda. Bagian pertama bertugas mengacaukan putaran centrifuge sehingga menjadi tak terkendali dan rusak

Sementara bagian kedua berfungsi merekam berbagai indikator centrifuge saat berfungsi normal kemudian menampilkan itu dilayar monitor. Dengan demikian petugas operator tak melihat ada gangguan.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.