Kapal Pesiar Costa Concordia Italia Tabrak Karang

Menurut keterangan pihak berwenang Italia, kapal pesiar Costa Concordia menabrak karang di dekat pulau Isola del Gigilo, sekitar 140 km sebelah barat laut Roma.

"Sekitar pukul 20.00 (Sabtu, 14/1/2012, pukul 02.00 WIB), kapal pesiar Costa Concordia sepanjang 290 meter mulai kemasukan air dan miring hingga 20 derajat", pernyataan Penjaga Pantai Italia

Kapal pesiar Costa Concordia
Kapal pesiar Costa Concordia Italia (Foto Kompas.com)

"Kami sedang makan malam saat tiba-tiba lampu padam, kami mendengar suara ledakan dan suara gemeretak keras, dan seluruh peralatan makan jatuh ke lantai," tutur seorang penumpang, Luciana Castro kepada kantor berita ANSA.

Kapal pesiar Costa Concordia
Kondisi kapal pesiar Italia Costa Concordia yang menabrak karang

Menurut pemilik perusahaan kapal pesiar, Costa Crociera, Costa Concordia yang berangkat dari pelabuhan Civitavecchia di dekat Roma, Jum'at pagi, rencananya akan melakukan perjalanan mengelilingi Laut Tengah, dan dijadwalkan akan berhenti di Palermo, Cagliari, Palma, Barcelona (Spanyol) dan Marseille (Perancis). Pada insiden ini dikabarkan 8 penumpang tewas dan lebih dari 30 orang terluka.

Seperti diberitakan Kompas, kapal pesiar Costa Concordia dilengkapi fasilitas 58 kamar suite berbalkon, 5 restoran, 13 bar, lima jacuzzi dan 4 kolam renang ini saat kejadian sedang mengangkut sekitar 1.000 awak dan 500 penumpang asal Jerman dan 160 penumpang dari Perancis.

Kapal pesiar Costa Concordia
Evakuasi penumpang kapal pesiar Costa Concordia, Italia yang selamat
(Foto diupload di Reuters.com)

Dalam insiden karam kapal pesiar mewah Italia ini petugas penyelamat berhasil menyelematkan pasangan Korea yang sedang berbulan madu setelah terperangkap dalam kabin kapal selama 24 jam. Di antara ABK kapal pesia ini ada juga berasal dari Indonesia yaitu Wayan dan Nyoman. Wayan mengalami luka tangan sedangkan Nyoman mengalami luka patah tulang rusuk. (Tempo, 15/1/2012)

Sumber:
Kompas.com
Reuters.com
Tempo.co

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.