Presiden Yang Pernah Dilempari Sepatu

Menjadi seorang pemimpin tak pelaknya pemimpin negara tidak selamanya dipuja dan dielukan oleh masyarakat, namun adakalanya juga mendapat hujatan dan hinaan dari seseorang atau kelompok yang merasa tidak memihak akan kepentingannya. Berikut ini beberapa presiden yang mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari masyarakat.

Selasa, 13 Desember 2011 kantor berita lokal Iran, Mehr, yang dikutip Xinhua, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dilempar sepatu oleh Rashid. Pria 45 tahun ini melampiaskan kemarahannya kepada Presiden karena dipecat dari sebuah perusahaan tekstil setelah setahun tahun tak digaji majikannya. Sepatu yang dilemparkannya tidak mengenai presiden tapi hanya membentur poster dibelakangnya. Presiden terdiam sejenak. Pria yang melakukan pelemparan kemudian ditangkap namun belum diketahui proses selanjutnya.

Agustus 2010, seorang pria tua juga melemparkan sepatu kepada Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dalam sebuah konferensi di Birmingham, Inggris. Dua sepatu itu jatuh di dekat Zardari.

Perdana Menteri Cina Wen Jiabao mengalami insiden serupa saat berpidato soal ekonomi global di Inggris pada Februari 2009. Sepatu yang dilemparkan jatuh jauh darinya.

Presiden AS George W Bush
Insiden Presiden AS George W Bush saat dilempari sepatu di Iran

Tahun 2008, Presiden Amerika Serikat George W. Bush menjadi target jurnalis Irak, Muntazar al-Zaidi. Zaidi melemparkan sepatunya satu per satu kepada Bush pada konferensi pers di Bagdad. "Ini ciuman selamat tinggal dari rakyat Irak, Anjing!" ujar Zaidi. Bush bergerak refleks, berkelit dari "torpedo" itu. Zaidi ditelikung dan dihukum penjara 9 bulan.

Referensi:
Kompas.com

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.