Cara Membuat Primary Key Database Dalam Microsoft Office Access

Primary Key dalam database adalah Teks atau angka yang ditetapkan sebagai kata kunci untuk menampilkan data tertentu dari beberapa data yang berhubungan atau sesuai dengan primary key yang ditetapkan. Primary key merupakan langkah awal dalam membuat aplikasi database yang dapat bersumber lebih dari satu tabel.

Primary key yang dibahas pada posting ini adalah primary database yang dibuat dari microsoft office access. Primary key dapat dikatakan sebagai kata kunci utama yang akan berfungsi untuk membuka dan menampilkan data khusus

Gambar di bawah ini adalah tampilan awal tabel microsoft office access setelah membuat file.

Tabel database Access

Cara membuat Primary key tabel aplikasi database microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut, yaitu:
1. Klick pada tab Create
2. Klick Table Design
Tab Tabel database Access
3. Buatkan uraian header kolom tabel
4. Tempatkan pointer kursor pada teks kolom header tabel yang ditetapkan sebagai primakey key
5. Klick Primary key
Tab Tabel database Access Tab Tabel database Access

Apabila membuat primary key dalam database hal yang perlu diperhatikan adalah Teks pada Field Name dan Data Type antara tabel yang satu dengan lainnya yang ditetapkan sebagai primary key harus sama.

Contoh apabila sudah menetapkan teks NIM pada tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus teks NIM. Dan kalau sudah menetapkan Number pada Data Type tabel pertama maka pada tabel lainnya juga harus Number. Begitu sebaliknya. (perhatikan kedua tabel di atas).

6. Simpan (Ctrl S)
7. Tuliskan nama tabel pada teks box Tabel name
8. Klick Ok
Tabel database Access

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.