Cara Membuat Scroll Box Widget Entry Popular Blog

Entry popular blog adalah widget yang dapat menampilkan baik beberapa judul posting saja maupun judul posting berserta cuplikan redaksi artikel posting blog. Widget ini merupakan salah satu dari sekian widget yang disajikan oleh blogger yang bisa didapatkan oleh pengelola blog secara gratis melalui add gadget blog.

Widget entry popular adalah widget yang menampilkan konten judul artikel paling banyak dilihat pengunjung media online dari sekian jumlah artikel yang ada pada website/blog pemasangnya dalam kurun waktu tertentu (mingguan atau bulanan).

Pada artikel ini akan diperkenalkan cara mengatur sehingga tampilan widget entry popular blog berbentuk scroll box. Pengaturan ini dilakukan karena seperti diketahui widget enrty polpular adalah widget default. Akan tetapi walaupun default pengguna masih bisa mengatur jumlah dan jenis tampilannya sesuai diinginkan.

Untuk mendapatkan hasil widget entry popular berbentuk scroll box dari kode yang diperkenalkan di bawah ini langkah yang wajib dilakukan adalah memasang gadget Entry populer. Cara mendapatkan widget entry popular dapat dilakukan sebagai berikut, yaitu:
  1. Sign in di blog
  2. Klick Rancangan
  3. Klick Add gadget
  4. Pilih Entry Popular
  5. Atur Jumlah artikel yang ingin ditampilkan dengan mencentang/menandai kotak yang tersedia.
  6. Klick Simpan untuk menyimpan gadget
Dengan melakukan 6 (enam) langkah yang dijelaskan di atas blog anda sudah memiliki widget entry popular. Langkah selanjutnya adalah membuat Widegt Entry populer ini menjadi berbentuk scroll box (kotak) yang dapat dikendalikan pengujung. Pengguna jika ingin melihat konten yang tidak terlihat artikel-artikel yang ada didalam kotak dapat mengskrol kotak menggunakan mouse.

Dan perlu diperhatikan untuk mendapatkan tampilan scroll box, konten judul artikel yang ditampilkan dalam widget harus lebih banyak dari tinggi kotak widget.

Cara membuat scroll box widget entry populer dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini. Langkah yang ditempuh di bawah ini blogger sudah berada pada posisi halaman rancangan (setelah sign in). Caranya sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick Edit HTML
  2. Cari kode ]]></b:skin> dalam kode template blog. Untuk memudahkan menemukan kodenya gunakan Ctrl F lalu masukan kode ]]></b:skin> pada teks box yang muncul pada bagian bawah screen (layar) komputer/laptop digunakan.
  3. Copy kode di bawah ini dan tempatkan di atas atau sebelum ]]></b:skin>
  4. Klick Simpan Template untuk menyimpan perubahan
Ini kode yang dicopy

Keterangan:
  • 270px adalah untuk menentukan tinggi kolom widget
  • 285px adalah untuk menetapkan lebar (besar/kecil) kolom widget

Setelah melakukan langkah-langkah yang diuraikan di atas klick Lihat untuk melihat hasilnya.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.