Cara Membuat Rumus Menghitung Langsung Dalam Tabel Database Microsoft Office Access

Belajar bareng yuk sama 248 Blog. Pada posting ini akan diperkenalkan cara untuk mengelola tabel aplikasi database khususnya menghitung. Menampilkan hasil hitungan yang dibahas pada aplikasi tabel database kali ini tidak perlu menggunakan cara khusus seperti menggunakan query akan tetapi langsung membuat formula atau rumusnya langsung dalam tabel database. Hasil menggunakan metode ini sama seperti sama menggunakan Query.

Sebelum masuk detail langkah membuatnya akan jelaskan sedikit salah satu keuntungan metode ini yaitu apabila menggunakan subform database Primary key (kunci utama) tidak mengalami hambatan apabila menginput data baru. Sebagai informasi tabel aplikasi database yang dibahas disini menggunakan Microsoft Office Access 2010.

Untuk memudahkan anda memahami perhatikan tabelnya seperti gambar di bawah ini. Dan apabila ingin mempraktekannya langkah-langkah yang diuraikan pada bahasan ini buatkan tabelnya seperti gambar dibawah ini.

database Primary key

Cara membuat rumus menghitung langsung dalam tabel aplikasi database microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
1. Tetapkan Kolom untuk membuat rumus/formula
2. Expand Combo box pada baris dan baris yang sudah ditetapkan untuk membuat formula
3. Pilih Calculate
4. Klick Banyaknya
5. Tekan tanda * pada angka delapan (8) pada keyboard
6. Klick Harga Satuan
7. Klick Ok
Design database Primary key
Design database Primary key
8. Simpan atau Ctrl S
9. Klick View yang berada dibagian kiri atas layar komputer/laptop untuk melihat hasilnya.
Design database Primary key
Inilah hail dari langkah-langkah yang dilakukan di atas.
Design database Primary key

Semoga bermanfaat dan selamat mengembangkan dengan kreatif anda.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.