Cara Membuat Lookup Wizard Pada Tabel Aplikasi Database Microsoft Office Access

Database adalah data yang diolah bersumber lebih dari satu tabel. Pada artikel ini akan dibahas membuat Lookup wizard langsung dalam tabel aplikasi database. Tujuan menggunakan metode ini adalah untuk memudahkan melihat langsung hasil hitungan dari input pada tabel aplikasi database.

Lookup wizard ini akan berfungsi sebagai tools yang dapat mempermudah mengolah data yang bersumber dari kode data database yang sudah dibuat perimary keynya. Hasil dari pembuatan dengan metode ini adalah sama dengan fungsi Combo Box yang dibuat pada Form aplikasi database. Dan yang perlu dipahami untuk menggunakan metode ini harus dibuatkan dua buah tabel yang nantinya akan menjadi satu kesatuan, yaitu:
1. Tabel primary key atau kode (tabel sumber database).
2. Tabel input data database untuk mengambil data dari tabel primary key

Cara membuat Lookup Wizard dalam Microsoft Office Access 2010 dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
  1. Klick pada kolom/baris yang akan dibuat/ditetapkan sebagai lookup wizard. Contoh tabel sumber data (primary key) yang dipergunakan sebagai ilustrasi bahasan ini adalah tabel kode barang. 
  2. Expand combo box pada kolom/baris yang dibuat lookup wizard (KdBrg) 
  3. Tandai I want the lookup field to get the values from another table or query
  4. Klick Next
5. Pilih tabel sumber data (tabel primary key) 6. Klick Next
7. Pindahkan semua teks yang berada pada kolom sebelah kiri ke sebelah kanan
8. Klick Next
Hasilnya seperti ini
9. Klick Next atau aturlah tampilan terlebih dahulu sehingga akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.
atau
10. Hilangkan tanda centang pada box/kotak hide key column (recomended) apabila ingin menampilkan kodenya sehingga akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
11. Klick Next
12. Klick Next
atau
13. Klick Yes
14. Klick Ok
15. Klick View untuk melihat hasilnya. Apabila melakukan langkah uang diuraikan di atas hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini

Sebagai informasi bahwa gambar ilustrasi materi ini sengaja ditampilkan dengan ukuran kecil (mungkin kurang jelas terlihat). Hal ini dilakukan oleh 248 Blog untuk menghindari beban berat saat loading posting halaman ini.

Cara agar gambar ilustrasi dapat terlihat lebih jelas yaitu dengan menempatkan pointer mouse pada gambar dan lalu klick kiri sehingga gambar akan tampil membelakangi halaman posting. Sedangkan untuk menutup kembali gambar tersebut dengan mengklick tanda X yang berada pada bagian atas kanan layar komputer yang digunakan.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.