Cara Import File Excel ke File Microsoft Office Access

Berangkat dari keinginan untuk saling mengisi dan membantu peningkatan keterampilan antar sesama, 248 Blog (Semua Pasti Ada Makna dan Hikmahnya) akan berbagi sekelumit pengalaman pribadi. Pengalaman yang disharing ini adalah cara mengimport file microsoft office Excel ke dalam tabel microsoft office access.

Mungkin kalimat tersebut berlebihan khususnya bagi orang yang sudah lebih dulu menguasainya materi ini. Akan tetapi tidak ada salahnya kalau materi ini diperuntukan bagi pengunjung yang belum sempat menguasainya karena menurut pemikiran sederhana saya bahwa setiap manusia jauh dari kesempurnaan.

Berangkat dari dasar pemikiran tersebut materi sederhana ini di buat dengan harapan dapat bermanfaat dan berguna bagi yang belum memilikinnya.

Sebelum masuk ke detail langkah-langkahnya akan disinggung sedikit berkaitan dengan import file dalam microsoft office access dengan excel di sini. Bahwa data yang akan diimpor sudah berbentuk file atau sudah dibuat sebelumnya.

Tujuan import file adalah untuk efisiennya entry dan untuk mengantisipasi adanya perbedaan data akibat kesalahan pada saat entry data. Karena apabila terdapat perbedaan data yang satu dengan lainnya maka data tersebut bisa dianggap tidak valid.

Cara import file micrososft office excel ke micrososft office access dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
1. Buat File Acess. Cara membuatnya sama seperti membuat file access lainnya
2. Klick External Data Pada Menu
3. Klick Excel pada tab Exernal data
4.Klick browse pada form Get external data-Excel Spreadsheet
5. Pilih file pada form File Open lalu klick Open yang berada di bagian bawah form ini
6. Klick Next
7. Klick Next
8. Klick Next
9. Klick Finish
10. Klick Ok. Pesan ini muncul karena pada step 8 kita memilih my Own Primary key dan apabila ingin menghindarinya pilih selain dari my own primary key (kunci utama).
11. Klick Close
Setelah klick close file yang dimport tidak langsung muncul. Walaupun terjadi demikian akan tetapi filenya sudah berada di file Access. Untuk menampilkannya click saja filenya yang berada di samping kiri tabel blank(kosong).
Inilah hasil atau bentuk tabel dari file yang diimport dengan tahapan yang diuraikan di atas tadi

Apabila dijumpai kata-kata dalam bahasan ini yang kurang sesuai dengan kemampuan pengunjug/pembaca, itu semua karena keterbatasan kemampuan saya. Atas pengertiannya terima kasih.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.