Istri Kabur Karena Suami Tidak Mampu Membangun Toilet di Rumah

Seorang wanita India negara bagian Madhya Pradesh bernama Anita Narre, meninggalkan suami delapan hari setelah menikah karena rumah suami tidak memiliki toilet.


"Tak baik bagi seorang perempuan buang air besar di ruang terbuka. Seharusnya setiap rumah memiliki toilet," kata Narre kepada BBC.

Sang suami Shivram bukannya tidak mau membangun toilet di rumahnya. Namun kemiskinanlah yang membuatnya belum mampu memenuhi tuntutan istri.

"Shivram mengatakan istrinya akan kembali setelah pembangunan toilet yang dibiayai tabungan dan bantuan warga selesai dilakukan.

Keputusan Narre ternyata berbuah hasil. sebuah LSM menghadiahi Narre uang sebesar US$10.000 karena berani memaksa suaminya membangun toilet"" demikian tulis BBC Indonesia (14/4/2012)

Sementara itu BBC Indonesia (14/3/2012) juga melansir, Data sensus terkahir menyebutkan hampir setengah penduduk India yang berjumlah 1,2 miliar orang tidak memiliki toilet di rumah mereka, tetapi lebih banyak memiliki telepon seluler.

"Hanya 46,9 % dari 246,6 juta rumah tangga yang memiliki jamban, sementara 49 % orang memilih buang air besar di tempat terbuka. Sedangkan menggunakan toilet umum sebanyak 3,2 %.

Sensus yang dilakukan 2011 lalu berdasarkan pada data jumlah rumah, rumah tangga dan aset menunjukan bahawa 63,2 % rumah memiliki sebuah telepon.

Sekitar 77 % rumah di bagian timur negara bagian Jharkhand tidak memiliki fasilitas toile, di Orissa 76,6 % dan 75,8% di Bihar juga tidak memiliki sarana sanitasi jamban

Sumber: BBC Indonesia.

0 komentar:

Pemberitahuan
News Internet tidak menerima dan bersedia menampilkan komentar url media online intenet penayang khusus promosi atau iklan kecuali ada perjanjian kerjasama mengikat. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga dapat dimaklumi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan komentar tentang artikel ini. Akan tetapi perlu dimaklumi bahwa Komentar yang tergolong iseng tidak akan ditampilkan. Untuk mendapatkan jawaban langsung pada kotak masuk Email anda, klick teks Subscribe by Email. Atas atensi dan partisipasinya terima kasih.